cerita tentang remah-remah

Minggu, 27 Mei 2012

Tradisi kelulusan di Jepang Vs Indonesia


Mengambil kancing seragam sekolah (Gakuran) cowok idola saat kelulusan sekolah adalah tradisi cewek2 pelajar di Jepang. Kancing gakuran yang letaknya paling dekat dengan hati adalah kancing yg diperebutkan oleh para cewek dan biasanya diambil duluan oleh pacar atau gebetan. Karena menandakan kedekatan hati dengan seseorang. Laki2 yang kancing Gakurannya habis karna diambil cewek2 adalah laki2 yang populer begitupun kebalikannya, laki-laki yang utuh kancing seragamnya pun bukan orang populer. Sedangkan, Cewek yang paling banyak mendapatkan kancing Gakuran adalah cewek yang populer di mata cowok. Perlu diketahui, kancing tersebut boleh diambil atas ijin cowok terlebih dahulu. 






Biasanya kancing tersebut disimpan sampai jangka waktu lama untuk kenang-kenangan dan dipamerkan kepada teman2 cewek lainnya saat selesai acara kelulusan. Kancing Gakuran awalnya standar sesuai dengan peraturan sekolah. Namun para cowok akan mengganti kancing tersebut menjelang kelulusan untuk membedakannya dengan kancing cowok yang lain. Bila pelajar tersebut orang kaya, maka kancing yang digunakan pun pasti mahal dan berkualitas. 




Di Indonesia, selain konvoi dan coret2an, para pelajar biasanya meminta tandatangan teman dan guru2nya untuk dibubuhkan di seragam tersebut. Semakin banyak seseorang mendapat tandatangan, semakin populer seseorang. 


Mana yang lebih baik?

Syahar Banu 2017. Theme by Etestheme. Header by Falaqie Nila.