Sabtu, 19 Mei 2012

Ciri-ciri Akun Facebook Palsu

Facebook adalah jejaring sosial yang sangat populer di dunia. Ada jutaan akun yang berkeliaran di dunia maya tersebut tanpa dapat dicegah. Mudahnya membuat akun dan karakter orang yang beragam membuat banyak akun palsu beredar. Tak jarang ada banyak penipuan lewat Facebook yang dialami orang-orang. 

Berikut ini adalah ciri-ciri apakah akun seseorang palsu atau tidak. Agar kita semua terhindar kesalahan konyol dengan bermesraan dengan akun palsu yang ternyata teman kita sendiri atau kekaguman terhadap seseorang di Facebook karena kecantikan/kegantengan Foto nya padahal sebenarnya akun tersebut tidak pernah ada.

Akun Facebook palsu di sini maksudnya adalah, data diri facebook dengan data di dunia nyata berbeda jauh. Misal, akun facebooknya wanita, padahal sebenarnya ia adalah pria. Atau bisa juga, akun facebook sengaja dibuat untuk berselancar di dunia maya saja tanpa perlu interaksi lebih jauh dengan pengguna lain di dunia nyata. Tokoh di facebook tersebut hanya ingin sampai pada tahap "seleb facebook" (mengadopsi istilah selebtweet) yang tidak akan pernah mengadakan "jumpa fans" karena akun facebook itu sebenarnya adalah tokoh yang dibuat oleh sosok nyata di balik akun facebook tersebut. Jika akun facebook itu tidak terkenal, maka akun facebook itu dibuat dengan tujuan-tujuan praktis tertentu. Misalnya seputar merayu, berdebat, menipu, dll yang tidak terduga.

1. Foto 
Foto yang tampil dalam Facebook seringkali menjadi daya tarik tersendiri bagi orang di dunia maya. Karena Facebook bagi sebagian orang telah menjadi ajang pencarian jodoh sehingga bagus atau tidaknya foto profil membuat orang berminat untuk menambahkan pertemanan atau tidak. Perhatikan foto yang terdapat dalam Akun seseorang. Berapa jumlah fotonya? Apabila foto diri  seseorang di Facebook hanya 1 dan sisanya adalah foto yang tidak ada hubungannya dengan pemilik akun (Misalnya foto pemandangan, kaligrafi, bayi, mobil, artis, dll), maka kemungkinan besar itu adalah akun palsu. Seorang Facebooker selalu memiliki Foto lain di akunnya. Ada kemungkinan juga seseorang tidak suka memajang foto dirinya. Tapi tetap saja suatu hari, apabila akun tersebut asli, akan ada yang menandai foto si pemilik akun. Apabila selama berbulan-bulan foto diri yang ada di album facebook tidak berubah padahal akun tersebut adalah facebooker aktif, bisa dipastikan akun tersebut palsu.



2. Interaksi
Perhatikan interaksi yang ada. Orang yang ada di facebook selalu memiliki teman di dunia nyata dan akan ada interaksi tentang kegiatan atau proyek-proyek yang dijalani bersama. Misalnya janji bertemu yang di posting di wall, tag foto bersama, keakraban dengan orang lain di suatu tempat dan kegiatan sosial lain. Apabila dalam waktu lama tidak ada teman di dunia nyata tampak berinteraksi atau membuat janji menyapa dengan sapaan-sapaan tertentu yang memperlihatkan keakraban, maka dipastikan itu palsu, Karena kita selalu punya teman yang sekolah atau kuliah di tempat yang sama, teman bekerja atau teman yang bertemu di suatu tempat dan kemudian saling menambahkan pertemanan di facebook masing-masing. Oh iya, bisa jadi seseorang terlihat sangat akrab di facebook padahal belum pernah bertemu dan belum pernah ada teman kita juga yang bertemu dengannya. Karena pengguna dan pemilik akun facebook asli yang sangat menjaga privacy juga ada. Jika ia tidak mengambil manfaat praktis dari pertemanan yang sifatnya merugikan, tidak ada salahnya untuk berteman dengan sosok misterius. 

3. Aktivitas
Perhatikan aktivitas yang terjadi di Timeline Facebooker tersebut. Apakah ia menghadiri pertemuan tertentu atau tampak bercerita sedang berada di suatu tempat? Tanyakan padanya bagaimana hasil pertemuan tersebut, bertemu dengan teman facebook siapa saja, suasananya bagaimana. Bila ia tidak dapat mengungkapkan dengan lancar dan memberikan jawaban-jawaban umum misalnya, "Acaranya asik banget." atau hanya mengutip dari berita yang tersebar di dunia maya, maka kemungkinan facebooker itu berbohong. Pertimbangkan poin ini untuk menambah daftar kecurigaan terhadap akun palsu.

4. Kontak
Bila memang tertarik berteman dekat karena sering chatting, mintalah no HP, YM, twitter, Pin BB, whatsapp atau  bahkan alamat rumah detail atau kampusnya. Apabila ia kuliah di sebuah Universitas, maka namanya akan ada di google entah karena pengumuman penerimaan mahasiswa baru secara online atau yang lainnya. Sebelumnya, tanyalah nama asli nya sebelum mencari tahu. Tidak semua nama orang akan tampil di Google. Tapi tidak ada salahnya mencoba. Bisa juga mencoba menelepon ke nomer pribadinya. Bisa jadi sebuah akun memperlihatkan wanita cantik mempesona, padahal aslinya laki-laki. Sehingga pembicaraan lewat telepon walau tidak menjamin kefektifannya, layak dicoba. Misalkan kita menelepon akun facebook wanita, ternyata sosok di balik akun tersebut adalah pria. Bisa saja pria tersebut menyuruh teman wanitanya mengangkat telepon tersebut. Tapi, trik yang dilakukan oleh pemilik akun tersebut tidak akan efektif juga di jam-jam tertentu. Tengah malam saat kemungkinan seseorang sendirian misal. Jadi, teruslah mencoba berinteraksi lewat jalur lain yang dapat mengidentifkasikan keaslian sosok. "Ya elaah, ngotot banget sih?" Ya nggak papa ngotot, daripada kamu nanti terlanjur jatuh cinta sama sosok yang sebenarnya nggak ada? Bahaya kan?

5. Janji
Ajaklah ia untuk bertemu atau kopdar. Ini berlaku hanya untuk yang sampai pada tahap saling curhat. Katakan padanya ia boleh membawa orang lain jika ia merasa khawatir. Apabila ia selalu menolak, maka webcam bisa jadi solusi. Apabila ia menolak lagi, mintalah foto lain secara khusus padanya untuk ditunjukkan dengan alasan ingin melihat dengan pose lainnya. Apabila ia terus mengelak, maka akun tersebut pantas diragukan keasliannya. 

6. Informasi
Lihat, dia menulis apa untuk nama sekolah atau tempatnya bekerja. Apakah ia menulis sebuah sekolah luar negeri atau bekerja di sebuah perusahaan keren? Apakah ia menulis Hometown dan kota tempat dia tinggal? Apakah ia memiliki status hubungan yang ditampilkan atau punya saudara? Kalau Segalanya mencurigakan, taruh saja di daftar facebook palsu. 


Selamat melakukan penelitian. Aku sendiri sering menertawakan teman-temanku yang berinteraksi secara intens dengan akun palsu lewat ciri-ciri diatas. Di facebook ku sendiri ada banyak akun palsu yang aku biarkan berkeliaran dan mengirimi pesan ingin kenalan dan semacamnya. Cuekin aja lah.

Memang ada beberapa Faceboook yang tanpa kita ketahui identitas aslinya memposting info-info berguna. Jita kita tidak dirugikan dengan postingan dan interaksinya dengan kita, ya tidak masalah. Kita hanya harus lebih berhati-hati apabila telah memasuki ranah privacy yang berkaitan dengan hati dan keselamatan kehidupan pribadi kita. 

Ada ciri lain yang belum disebutkan? Share ya.

Syahar Banu 2017. Theme by Etestheme. Header by Falaqie Nila.