cerita tentang remah-remah

Minggu, 18 Desember 2011

Antara Korea dan Semangat

Dulu, orang-orang sering saling membagi semangat dengan kata "Ganbatte!" yang artinya "Berjuanglah"! dalam kosa kata jepang. Jepang tidak hanya dikagumi dalam sisi teknologinya, tapi juga budaya tradisional, gaya hidup, mode, dan segalanya berbau jepang laku.

Seiring perkembangan jaman, drama korea juga memperkenalkan korea nya dengan artis bertampang ganteng dan cantik. Isu operasi plastik gencar dilakukan artis Korea untuk jadi cantik dan ganteng. Tapi sepertinya publik tidak peduli dengan itu karena tetap saja pada ahirnya orang senang melihat hal yang indah-indah di layar kacanya tanpa menghiraukan proses. Siapa sih yang nggak ingin jadi cantik atau ganteng? Kalau mereka punya uang untuk operasi plastik dan mereka mengandalkan fisik untuk mencari pekerjaan, siapa peduli lagi dengan kontroversi operasi plastik?

Setelah sukses dengan Drama-drama korea yang salah satunya juga favorit ku seperti Full House, Princess Hour dan banyak lagi, Korea mulai merambah dengan boyband dan girlband nya. Kalau dulu publik kita dimanjakan dengan boyband ala Inggris seperti westlife, Nsync, Back street boys, Spice girl, dan sebagainya ala bule. Kini kita disuguhi oleh tampang imut boyband dan girlband korea.

Berawal dari kantin kamikita, Seorang senior jurusan media studies -namanya Ayu Astria- memutar video youtube Wonder Girl yang judulnya nobody. Lagu ini sangat Familiar di kuping tapi selama ini nggak tahu yang nyanyi siapa.  Dan shock karna awalnya aku mengira penyanyi lagu ini adalah orang amerika juga. Video nya juga bagus, memperlihatkan 5 orang penyanyi ramping dengan tarian atractif. Aku langsung tahu bahwa korea tahu persis bagaimana selling point itu bekerja untuk bersaing di dunia global bersama banyak produk musik lain. Nobody jadi no 1 di jepang dan korea dan jadi Video paling banyak diputar di youtube.


Ayu Astria yang emang dari sononya Korean Fevermenunjukkan yang lebih unyu dari wonder girl, yaitu SNSD. Aku lupa SNSD itu singkatan apa karna selama ini cuma menikmati keunyuan video nya tanpa perlu repot mengingat singkatan atau masing2 personilnya. Tapi mereka emang keren banget, Okelah mereka itu sexy, tapi bukan sexy liar  yang dijual, Tapi imut dan elegan membuat kesexyan mereka bukan komoditas pasar pornografi aku rasa. Karena mereka bertingkah seperti apa yang seelama ini tergambar di komik jepang dan korea. Yaitu Imut!


Full Color, Bersemangat, danc nya itu energic. Tidak sekedar goyangan-goyangan erotis ala barat yang kadang menjijikkan, Yang ditonjolkan adalah wajah imut dan kaki yang jenjang, bukan dada besar dan pantat yang memang sering jadi andalan pasar dengan mindset barat. Apreciate for SM Town yang dengan kreatif bikin girlband ini, Personilnya yang 9 Orang itu emang sekilas waktu awal2 keliatan konyol. Tapi setelah lihat aksinya, semangat mereka dalam bernyanyi itu tertular kepada kita. Sekarang everybody loves korea.

Simak Video lainnya
Mereka pakai high heels lho!

Kemudian, aksi live panggung nya juga oke. Ada banyak dance accident di Youtube yang bisa kita temukan. Daripada berpikir bahwa kesalahan itu konyol, kita malah disuguhi sesuatu kesalahan yang lucu dan itu tidak membuat mereka jadi cacat di mata kita. Karna mereka dengan pembawaan dan imagenya telah jadi orang-orang berlabel innocent. Kesalahan itu bukan sesuatu yang besar, Tapi itu lucu.

kayak gini

Aku pikir aku akan menemukan lagi sesuatu yang unyu. Ayu Astria memperkenalkan lagi dengan Boyband Super Junior, tapi ternyata aku nggak ngefans. 


Aku mulai kreatif browsing sendiri alternatif boyband dan boygil lain. Tapi aku nggak menemukan girlband yang bisa dengan santai aku nikmati seperti SNSD, ada yang mindsetnya seperti barat yaitu menonjolkan keseksian badan yang membuat kesan jadi murahan. parahnya, Jepang yang dulu disanjung-sanjung jadi negara yang mempelopori mode ikut mengekor kehebohan girlband dan boyband. Tapi agaknya management  kurang mengemasnya dengan bagus. Seperti kasus dibawah ini



Ini sih namanya bukan imut lagi. Tapi aneh! Personilnya entah berapa banyak , yang jelas ini konyol. Mereka bukan dance, tapi ini namanya senam aerobik. Cuma goyang-goyang dikit, g jelas siapa yang dapet jatah nyanyi. Mereka seperti regu koor dalam versi aerobik.

Nggak semua korea juga bagus. Ada yang konyol juga. Tapi its oke, setidaknya SNSD sudah cukup mewakili semangat korea dalam membangkitkan industri musiknya. Dan, semua orang suka korea. Bahkan Indonesia yang latah bikin grup konyol kayak 7icon dan grup copy paste dari SNSD yaitu Cherry Belle. 

Waddezig!!

Syahar Banu 2017. Theme by Etestheme. Header by Falaqie Nila.