Senin, 09 September 2013

Ketika Kecantikan bertemu dengan Kekayaan : Studi Kasus Zaskia Gotik dengan Vicky

Aku dulu terkesan sekali dengan sebuah buku yang mengutip ungkapan yang diyakini oleh orang Perancis jaman dulu sebagai panduan untuk mencari jodoh yang seimbang. Ungkapan itu adalah :

"Wanita harus cantik, dan lelaki juga harus kaya."

Tampaknya, hal itu adalah prinsip yang dipegang oleh banyak orang di belahan dunia lain. Di Film Titanic, kita bisa melihat bahwa Ibu Rose berkata pada temannya, "Bukankah itu gunanya kuliah? Agar anak-anak kita bisa mencari tunangan yang kaya." Namun apa yang terjadi, Rose yang diharapkan akan mencintai kekayaan tunangannya justru jatuh cinta dengan Jack, seorang seniman miskin yang berbakat.

Sampai sekarang masih banyak lho yang menganut prinsip itu. Sehingga para wanita berlomba-lomba untuk tampil secantik-cantiknya demi mendapatkan lelaki yang sekaya-kayanya.

Untunglah, masih ada orang yang akan menempatkan kecerdasan sebagai hal terpenting untuk type wanita idaman. Dan Brown (Penulis Tha Da Vinci Code) misalnya, yang terang-terangan memuji istrinya di dalam bukunya dengan menulis, "Untuk Istriku, wanita paling cerdas yang pernah kutemui."

Tingkat pendidikan dan pengaruh lingkungan memang menentukan bagaimana type ideal seseorang dalam mencari jodoh. Dengan pilihan seseorang dalam memilih pasangan, kita juga dapat melihat apa yang menjadi prioritas seseorang untuk hidupnya di masa depan. Walaupun seringkali kita tidak mengerti alasan seseorang dalam memilih jodohnya.

Hehe, Sebenernya, aku bukan mau menganalis tentang perjodohan sih..

Well, Ini gara-gara Yusran Darmawan  nulis di blognya tentang kasus Zaskia dan Vicky dengan analisis sosial. Aku yang nggak update gosip artis langsung merasa bahwa kasus ini ternyata emang menarik.

Sebenernya sebagai cewek, aku tahu nulis kayak gini itu menambah penderitaan Zaskia (*pukpuk Zaskia). Udah batal nikah karena ditipu tunangan, di expose infotaiment gede-gedean, eh.. masih aja diketawain orang-orang tentang lelaki (yang awalnya) pilihannya. Gimana perasaan Zaskia kalau dia browsing tentang komentar orang-orang tentang kasus pertunangannya juga udah bisa kebayang. Tapi, bisa jadi hal ini sebagai pelajaran juga bagi semua cewek : Jangan matre-matre amat dan Jangan lupa untuk Sekolah. :D

Dengan kasus ini, prinsip "Wanita harus cantik, dan lelaki juga harus kaya." tidak berjalan dengan baik. 

Zaskia mengira, calon suaminya adalah lelaki berpendidikan, kaya raya, baik, dan memang pantas untuk mendapatkan kecantikan yang dimilikinya.

Gimana Zaskia nggak kesengsem? Lha wong Zaskia yang pendidikannya pas-pasan ternyata bisa juga dapet Vicky yang SEINTELEKTUALITAS ini :


Berikut ini INTELEKTUALITAS Vicky yang telah MENGKONSPIRASI HATI Zaskia sehingga hampir saja pedangdut goyang itik ini merubah STATUSISASI nya dari lajang menjadi seorang Istri. Intinya, Vicky hampir MENGISTRISASIKAN Zaskia dan MENGKUDETA banyak lelaki yang ingin LABIL EKONOMI keluarga Zaskia.

Yang bisa buka Youtube, mending nonton langsung. Yang nggak bisa nonton, ini aku transkipkan wawancaranya :
"Tetap di usiaku saat ini ya...TWENTY NINE MY AGES." (Poke : Grammar Nazi -__-"" )
"Aku tetap masih merindukan APRESIASI." (Eh? Apa katanya?) 
"Ya BASICLY, ya aku seneng, seneng sama musik gitu walaupun KONTROVERSI HATI aku tetep mengarah pada KONSPIRASI KEMAKMURAN yang kita pilih."
"Ya kita, Kita belajar, emmm..." lirik kiri, bola mata kemana2, keliatan cari2 kata, "... apa ya, HARMONISASI dari hal terkecil sampai yang terbesar."
"Aku pikir kita nggak boleh ego sama sutu kepentingan dan kudeta yang tetap menjadi keinginan." (Orang ini mau nikah apa mau demo kudeta SBY sih? hahaha)
"Dengan adanya hubungan ini bukan MEMPERTAKUT, bukan mempersuram STATUSISASI KEMAKMURAN keluarga dia, tapi jadi CONFIDENT. Tapi bisa-bisanya MENSIASATI kecerdasan itu untuk LABIL EKONOMI kita lebih baik dan aku seneng dan bangga."
Zaskia langsung nyeletuk, "Dibeliin rumah ya beb ya? Aku dibeliin Rumah ya sayang ya?"
Senyum aneh dan bilang, "Ya nanti kita komunikasi lagi tentang itu."
Kemudian Zaskia ketawa ngikik.
--
INTELEKTUALISASI Vicky dalam mengolah bahasa memancing banyak komentar lucu dari viewer video ini. Aku kutip beberapa komentar di Youtube tentang Video ini, \

"gak masuk ! mungkin dia merasa bukan manusia sempurna jadi merasa tidak pantas menggunakan EYD (ejaan yang disempurnakan)". By nazaruddin ikhsan

"Kalo strukturisasi perceraian yang signifikan yang mengarah pada kudetanisasi gonoginial, kapan ya Mas Vicky?" By comicart1st

"Apanya sih yang aneh ? .. Menurut saya, dia terlihat sangat intelektualitas." By Djebel Amilah

"zaskia : dibeliin rumah ya sayang
vicky : tapi aku masih labil ekonomi, kamu jgn konspirasi hati ya :))" By agung aminuddin

dll... dll...

Demikian studi kasus ini kami paparkan.
Kurang dan lebihnya harap di MAKLUMISASIKAN saja. Heheehe...

Syahar Banu 2017. Theme by Etestheme. Header by Falaqie Nila.