Ruangan kecil tanpa AC itu bukan masjid atau pura, namun kita harus melepas sepatu sebelum memasukinya. Menurut ingatan dan daya ukurku yang payah, ruangan itu berukuran sekitar 4x7 meter. Bagi "pemakan buku", tempat itu adalah salah satu potongan "surga" ilmu pengetahuan di kota Jogja jika dimanfaatkan dengan baik. Apalagi tidak perlu membayar sepeserpun untuk meminjamnya. Otak para pecinta buku akan dimanjakan dengan ribuan koleksi buku di sana. Aku sendiri merasa tak puas jika hanya sekali dua kali menelusuri deretan judul-judul buku yang tertera di sana dan bingung mau membaca yang mana dulu. Sebagian besar adalah buku cetakan lama yang sudah langka dan penting. Kadang ada satu dua orang yang mampir ke perpustakaan ini untuk mencari referensi ataupun sekedar membaca di tempat. Aku dan Alesia biasanya mesti berbagi meja dengan pengunjung perpustakaan, dengan tempat duduk di sekeliling meja menghadap atau membelakangi kaca depan yang dulu pernah dirusak massa intoleran saat diskusi bersama Irsyad Mandji dulu dilaksanakan. Dari kaca itu, kita bisa memandang pendopo LKiS, tempat diskusi yang biasanya dianggap "meresahkan" kelompok tertentu sehingga harus dijaga dengan ketat dengan intel dan kepolisian.
|
Sebagian Rak Buku di Perpustakaan LKiS |
Aku dan Alesia mendapat jatah magang Yayasan LKiS Yogyakarta selama 3 minggu. Saat itu, kami berdua belum begitu yakin kegiatan apa yang akan kami lakukan di LKiS. Pihak LKiS sendiri mengatakan bahwa yayasan sedang tidak memiliki kegiatan lagi sampai September. Kami berdua harus memikirkan apa yang harus kami lakukan selama 3 minggu di sini.
Aku meminati dunia jurnalistik, media, kebebasan beragama, politik dan HAM. Sebagai mahasiswa S1
Political Science untuk
major dan
Psychology di Haverford College US, Alesia meminati di politik, psikologi, kebebasan agama, dan HAM. Kami harus mencari sesuatu yang sama sesuai dengan minat kami berdua agar dapat bekerjasama dengan baik selama magang.
“Ceritakan soal literasi media di Amerika.” tanyaku pada Alesia memulai pembicaraan di hari pertama magang kita.
“Well, aku pikir kita di Amerika tidak
menyebutnya secara khusus. Mungkin memang disebut literasi media di beberapa
tempat, aku hanya akan mengatakan sesuai dengan pengalamanku. Dari SD kita
sudah diajari untuk menulis, membaca, mengapresiasi dan mengkritik karya teman
kita di kelas. Dimulai dari hal sederhana. Misalnya puisi, kemudian prosa,
sampai di SMA, kita mulai mengkritisi jurnal ilmiah dan teori-teori lainnya.
Tulisan-tulisan terbaik di sekolah hasil dari kelas bahasa itu kemudian
diterbitkan dalam sebuah buku. Jadi setiap anak berlomba-lomba untuk membuat
karya terbaiknya," Ia berhenti sejenak untuk mengikat rambut panjang hitam khas Meksikonya, "Saat aku berusia 13 tahun, sudah ada puisi karyaku hasil dari
latihan menulis di sekolah yang diterbitkan bersama dengan banyak puisi lain
yang sudah melewati seleksi ketat dan diseleksi.” lanjutnya dalam bahasa
Inggris beraksen Amerika dengan ritme Spanyol yang cepat.
Dari obrolan selanjutnya, kami merasa bahwa mengadakan lokakarya literasi media yang berbasis anti intoleransi sepertinya menarik. Mengingat bahwa di Indonesia, agama bukanlah ranah privat sampai-sampai kita harus mencantumkannya dalam kartu identitas. Alesia sempat tidak percaya bahwa di Indonesia, agama yang dianut warga negara juga sempat diwajibkan untuk tertulis di KTP, ia baru percaya setelah aku memperlihatkan KTP ku. Ia tetap beranggapan bahwa seharusnya negara tidak perlu tahu keyakinan paling privat warganya. Aku mengatakan bahwa kekerasan atas nama agama di Indonesia menempati urutan kedua terbanyak setelah konflik agraria. Kami berdua membaca berbagai artikel di internet dan menonton video kekerasan atas nama agama di Youtube. Fakta-fakta soal apa yang terjadi pada minoritas beragama di Indonesia membuatnya merinding. Ia membayangkan jika ia tinggal di Indonesia, pasti ia juga akan mengalami kesulitan-kesulitan beribadah dengan adanya larangan pendirian gereja. Aku menceritakan soal Pendeta Bennhard Maukar dari Kristen Pantekosta Rancaekek yang dipenjara 3 bulan karena dianggap punya gereja yang tak berizin. Sedangkan, mengurus perizinan gereja di wilayah mayoritas Islam itu susahnya minta ampun. Sebagai pengikut Kristen Pantekosta, Alesia jadi sedih mendengarnya. Ia jadi lebih merinding ketika aku menceritakan soal jemaat Ahmadiyah Lombok dan pengikut Syiah Sampang yang terusir dari kampung halamannya. Belum lagi yang terbunuh dan diintimidasi karena dianggap kafir.
Alesia Lujan-Hernandez adalah partner magang dan risetku di program ini. Dia bersama dengan 5 mahasiswa lain dari Amerika mengikuti program Summer
School dari VIA (Volunteer in Asia) dan Haverford College Program, 6 mahasiswa dari Indonesia juga terpilih
untuk mengikuti program ini bersama mereka untuk kelas pelatihan riset, magang
dan kolaborasi riset selama 2 bulan di Yogyakarta. Kami ber-12 terbagi menjadi
6 grup magang yang masing-masing grupnya terdiri dari 2 orang. Di Program ini, ada 2 mahasiswa dari Haverford College, 4 mahasiswa dari Bryn Mawr College, 3 mahasiswa UGM, 2 mahasiswa Universitas Paramadina, dan 1 Mahasiswa dari UNIPA (Universitas Negeri Papua) di Papua Barat.
Mas Hairul Salim, direktur Eksekutif Yayasan LKiS
berkata pada kami berdua, “Di lantai atas ada ruang kosong yang bisa dipakai. Silakan
kalau ingin membuat diskusi dan semacamnya. LKiS tidak punya kegiatan secara
khusus sampai bulan September.”
Kami merasa tertantang mendengarnya. Bukankah
menyenangkan jika bisa membuat sebuah kegiatan suka-suka kita dengan fasilitas
lengkap?
Awalnya kami berpikir untuk membuat diskusi
kecil seputar intoleransi dan literasi media. Tapi kami khawatir bahwa
sebenarnya diskusi yang kami adakan hanya untuk orang-orang yang sudah setuju
dengan isu anti intoleransi beragama. Kami tidak ingin menggelar sebuah diskusi yang hanya
bicara dan didengar oleh umatnya sendiri. Kami ingin sesuatu yang saat
didiskusikan menjadikan tema tersebut menjadi hal baru bagi peserta diskusi.
Aku dan Alesia memutuskan untuk membuat
program Literasi Media ke Siswa SMA dengan dibantu pers mahasiswa dari
kampus-kampus di Jogja sebagai mentor. Namun, sebelum itu, kami harus
merumuskan, literasi media macam apa? Apa fokus utama kami? Bagaimana cara kami
untuk dapat memperoleh daftar sekolah yang harus kami kunjungi? Aku dan Alesia
tidak memiliki jaringan sekolah di Jogja. Selain itu, bagaimana dengan materi,
sekolah dan pelatihan literasi dapat diwujudkan dalam waktu 3 minggu sedangkan
waktu liburan sekolah karena libur nasional bulan Ramadhan untuk siswa mengejar
di belakang kami?
Yang pertama kami lakukan adalah membuat
linikala dan list to do, apa saja hal yang harus kami lakukan dalam minggu pertama, minggu
kedua, dan minggu terakhir. Jadwal yang kami buat membuat kami sendiri
kerepotan hingga kami harus berangkat sangat pagi ke LKiS untuk magang dan baru
pulang saat sore hari. Sambil bercanda, di tengah kelelahan kami mempersiapkan segalanya, Alesia berkata, "Banu, we took this internship too seriously." Aku terkekeh, kami berdua memang selalu pulang paling akhir dan berlagak sok sibuk diantara teman-teman yang magang di LSM lainnya. Apalagi ketika Izzy Roads, direktur VIA Program mengirimi kami inbox lewat Facebook yang isinya meminta materi literasi media kami untuk teman-temannya di Burma yang mengakibatkan kematian hanya karena beredarnya berita palsu yang disebarkan lewat facebook tentang Mandalay. Padahal saat itu, materi kami belum sepenuhnya siap dan isinya hanya relevan untuk Indonesia.
Rencana kami, minggu pertama adalah membuat
materi literasi media, menghubungi pers mahasiswa mana saja yang bisa diajak
kerjasama, mencari SMA, Training of Trainer (ToT) dengan para pers mahasiswa dan
sebagainya.
Beruntunglah, Mas Salim mengajak aku dan
Alesia untuk datang ke seminar yang pesertanya ternyata guru agama dari SMA se Yogyakarta
yang diadakan oleh Kementerian agama. Usai seminar itu, aku mengumumkan
akan mengadakan pelatihan literasi media yang berbasis anti intoleransi. 4 guru agama dari SMA yang berbeda
menghubungi kami untuk mengikut sertakan sekolahnya dalam lokakarya literasi
media. Lucunya, sebagian besar dari mereka tidak tahu literasi media itu
artinya apa. Saat itu aku juga kesulitan untuk menjelaskan dengan kalimat yang
singkat lokakarya yang akan kami adakan karena materinya juga belum siap. Sedangkan Alesia tidak bisa bahasa Indonesia sehingga menghambat dirinya dalam menjelaskan secara detail kepada guru SMA yang bertanya langsung padanya.
Untunglah, para guru tersebut tak butuh penjelasan yang terlalu rinci saat itu juga. Mereka mendaftarkan sekolahnya dalam lokakarya ini karena mereka senang apapun yang
membuat para muridnya maju. Aku jadi terharu karena menemui PNS yang mau bekerja dengan maksimal demi siswanya. Selama ini aku sering memandang
sebelah mata para PNS yang bekerja asal-asalan dengan gaji tetap beserta berbagai keuntungan pensiuan dan gadai SK di bank.
Aku dan Alesia mencoret list to do mencari sekolah. Kami sudah berhasil mendapatkan SMA 1 Piri, SMK 2 PI
Ambarukmo, SMAN 1 Kalasan, dan SMAN 2 Wates sebagai daftar sekolah yang akan
kami beri materi lokakarya literasi media. Kami menuliskan daftar SMA tersebut
untuk dikunjungi sebelum lokakarya berlangsung di minggu kedua to do list karena kami
perlu memastikan ada fasilitas yang kami perlukan beserta berbagai berbagai
kesepakatan lainnya.
Selanjutnya kami menghubungi pers mahasiswa.
Mas Wisnu Prasetyo, seorang teman yang jadi alumni Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Balairung UGM memberikan koneksi untuk
dapat berhubungan dengan pengurus yang sekarang. Seorang teman dari twitter
memberikan kontak Pers Mahasiswa Ekspresi UNY yang beberapa waktu lalu
tabloidnya sempat dibredel rektor. Lewat koneksi LKiS, kami mendapatkan
kontak ke LPM Arena UIN Yogyakarta. Setelah kontak berlangsung lewat SMS, dan
sempat berkunjung, yang dipastikan bisa mengikuti ToT adalah LPM Balairung dan LPM Arena. LPM
Ekspresi sedang sibuk menyiapkan materi majalah dan beberapa anggotanya masih
KKN. Kami mengerti dengan kesibukan mereka.
Di jadwal kami, sudah tertera akhir pekan
minggu pertama kami adalah ToT untuk teman-teman LPM. Kami menekankan bahwa
di sini kami tidak ingin menjadi guru, tapi mau belajar bersama. Tentu saja
sangat kikuk mengajar literasi media di depan mahasiswa yang sehari-hari sudah
bergelut seputar media. Sehingga mungkin saja akan ada banyak koreksi dan itu adalah
hal baik.
Rasanya hari berjalan terlalu cepat. Sampai hari kamis minggu
pertama, kami belum selesai menyelesaikan materi presentasi. Kami juga
menyiapkan jadwal dan isu-isu yang akan dibahas di lokakarya. Untuk menyusun itu semua, kami
harus begadang sampai akhir pekan.
Aku membuat materi seputar 9 elemen jurnalisme
dari buku karya Bill Kovach dan Tom Rosenstiel. Sedangkan Alesia membuat materi
yang diambil dari buku Verification Handbook karya banyak jurnalis dari
media internasional yang bisa diunduh di sini. Sedangkan presentasi yang dibuat oleh Alesia bisa diunduh
di sini.
Pada hari Training of
Trainer, sekitar 15 orang dari 2 Pers Mahasiswa Balairung UGM dan Arena UIN
Sunan Kalijaga Yogyakarta datang. Karena agak nervous berbicara soal media di
depan awak media juga, kami berkali-kali meminta saran maupun koreksi teman-teman LPM jika ada yang keliru dari presentasi yang kami sampaikan.
Alesia mengawali
workshop Literasi Media dengan Identity walk games dengan menggunakan bahasa
Inggris. Aku menerjemahkan apa yang dia katakan dan apa yang peserta sampaikan
padanya. Materi Identity walk yang tujuannya untuk mempraktekkan bagaimana bias
media bekerja. Materi Identity walk ini bisa diunduh
di sini.
Mas Hairul Salim membantu kami mengisi materi terakhir,
praktik verifikasi pemberitaan di media lewat fasilitas google image.
Intellectual
Social Responsibility (ISR),
bukan Volunteering
Saat mempersiapkan
teman-teman pers mahasiswa untuk menjadi trainer, aku menjelaskan kepada mereka bahwa menjadi
trainer dalam literasi media ini bukanlah kegiatan volunteering biasa seperti kebanyakan gerakan lain. Apalagi, saat ini ada banyak orang melakukan kegiatan volunteering dengan setengah hati. Maksudnya,
kebanyakan kegiatan volunteering saat ini dijalankan dengan tidak konsisten. Karena
pelaksanaannya hanya didasarkan sesuai dengan waktu yang seadanya dengan kemauan yang naik turun sesuai dengan kepentingan dan kesempatan ala kadarnya. Jika ada
waktu dan sesuai mood, maka sebuah program akan dijalankan. Jika tidak ada mood
dan waktu, maka tanpa beban apapun sebuah program akan ditinggalkan.
Bayangkan apabila atmosfer
volunteering ala kadarnya ini benar-benar diterapkan oleh banyak orang, konsistensi gerakan
akan terhambat. Menurutku, tanggung jawab terhadap gerakan bukan didasarkan
pada rasa senang semata ataupun iseng-iseng berhadiah. Gerakan adalah sebuah
tanggung jawab sosial yang harus dimiliki oleh orang-orang yang sudah memiliki
kesadaran dari dirinya sendiri untuk menggerakkan. Orang tersebut sudah
memiliki bekal dalam hal intellectual sehingga gerakan adalah konsekuensi logis
perjalanan intelektual dan spiritualnya. Aku menamakan gerakan ini sebagai Intellectual
Social Responsibility (IRS). Orang hanya perlu mengaktualkan kesadaran dirinya
sendiri kemudian melakukan gerakan untuk menularkan tren kesadaran tersebut
kepada orang lain. Orang yang belum merasa memiliki tanggung jawab sosial tidak
perlu ikut andil dalam gerakan karena justru akan menghambat pergerakan itu
sendiri.
Awalnya, gerakan literasi
media ini menggandeng LLPM dari kampus di Yogya karena aku dan Alesia
berharap bahwa setelah aku kembali ke Jakarta dan Alesia kembali ke Amerika, akan tetap ada mahasiswa-mahasiswa yang memberikan
pelatihan literasi media yang berbasis kebebasan dan kerukunan beragama di SMA
se-Yogya. Sayang sekali, mahasiswa UGM sedang sibuk-sibuknya KKN (Kuliah Kerja Nyata) sehingga tidak dapat menjadi trainer literasi media untuk SMA.
Yang membantu kami adalah 2 orang anggota pers
mahasiswa dari LPM (Lembaga Pers Mahasiswa) Arena UIN Sunan Kalijaga
Yogyakarta. Mereka bernama Lugas dan Faksi. Lugas adalah Pemimpin Redaksi LPM Arena. Dia lelaki tinggi berwajah manis dengan rambut panjang bergelombang yang tampak pendiam dan cerdas. Selera musiknya juga bagus, ia memberikan rekomendasi musik beraliran Postrock dari youtube yang menjadi musik favorit Alesia menjelang tidur. Sampai hari terakhir di Jogja, Alesia masih tidur sambil menyetel Youtube channel rekomendasi Lugas. How Cute! Faksi adalah anggota LPM Arena yang asalnya dari Madura, Faksi juga manis kok, rambutnya pendek dan sering mengatakan hal-hal lucu di luar dugaan. Sekalipun dia tidak bisa bahasa Inggris dengan lancar, dia selalu berusaha mengajak Alesia bicara dan menceritakan hal-hal yang dianggapnya lucu. Alesia sering bertanya padaku diam-diam, "Dia tadi nyeritain apa sih sebenarnya? Apakah itu benar-benar lucu?" Kami juga sering memainkan namanya dengan ejaan 'Fuck See' alih-alih Faksi sambil bercanda. Saat aku bertanya pada Faksi soal nasib pengikut Syiah Sampang yang terusir dari desanya, Faksi buru-buru membantah keterlibatan dirinya dengan kelompok intoleran di sana. Aku dan Alesia senang bahwa akhirnya kami dibantu oleh 2 orang yang memiliki kepedulian yang sama di bidang kebebasam beragama dan anti intoleransi.
Lokakarya di 4 SMA
Kami melakukan banyak revisi soal materi yang harus diberikan pada siswa SMA. Materi itu berbeda dengan materi ToT. Kami tidak lagi menggunakan presentasi
Verification Handbook karena keterbatan waktu yang disediakan sekolah. Kami juga masih menggunakan
Identity Walk Games di awal lokakarya.
Lugas dan Faksi belum bergabung menjadi mentor di SMA pertama yang kami kunjungi.
Sekolah pertama yang
kami kunjungi adalah SMA 1 Piri. Dikutip sepenuhnya dari laman resmi
SMA PIRI 1, berdirinya
SMA PIRI 1 Yogyakarta tidak dapat lepas dari keberadaan Yayasan Perguruan Islam
Republik Indonesia (PIRI) Yogyakarta, yang lahir dari Gerakan Ahmadiyah
Indonesia (GAI) aliran Lahore yang diprakarsai oleh H. Minhadjurrahman
Djojosugito. Yang kemudian beliau disebut sebagai Peletak dasar Yayasan PIRI.
Sekitar 25an siswa anggota OSIS mengikuti lokakarya kami.
Aku dan Alesia juga belum
menjadi pengajar yang baik saat itu. Ada banyak evaluasi dalam hal metode dan materi yang kami lakukan
setelahnya. Misalnya, bagaimana caranya menghadapi siswa menolak berbicara di kelas? Bagaimana
caranya menghidupkan interaksi di kelas? Bagaimana caranya supaya Alesia yang
tidak bisa bahasa Indonesia tetap dapat berkomunikasi aktif dengan siswa dan
memahami celotehan siswa di kelas? Bagaimana supaya suasana yang kami bangun tidak terlalu formal? Bu Anis, guru Agama yang mengundang kami ke sana menceritakan tentang beberapa siswa dengan latar belakang yang beragam dan menarik. Kami jadi mengerti mengapa respon siswa terhadap kehadiran kami masih sangat malu-malu.
Karena sulitnya
menyesuaikan jadwal sekolah yang mulai liburan kenaikan kelas sekaligus libur
bulan Ramadhan, aku dan Alesia akhirnya mengajar literasi media secara terpisah. Aku
ditemani Lugas ke SMK PI Ambarukmo, sedangkan Alesia dan Faksi ke SMAN 1 Kalasan yang lokasinya dekat dengan Candi Prambanan.
Di SMK PI Ambarukmo, pada
awal pertemuan, peserta lokakarya literasi media yang mengikuti kelas kami ada
sekitar 25 orang termasuk dengan mahasiswa keguruan yang sedang KKN di SMK
tersebut. Namun, setelah istirahat shalat Jumat, peserta lokakarya berkurang drastis
hingga hanya tersisa 15 orang. Aku dan Lugas tidak dapat berbuat apa-apa lagi
untuk menyikapi hilangnya beberapa peserta lokakarya selain melanjutkan materi
selanjutnya. Di akhir lokakarya, kami mengobrol dengan Pak Sa’dun guru Agama
SMK PI Ambarukmo yang mengundang kami datang. Kami terkesan dengan
pandangan-pandangannya soal kerukunan umat beragama yang dia tanamkan pada
siswanya selama ini. Dia selalu berharap dengan literasi media berbasis
anti intoleransi ini, siswa-siswanya tidak hanya memperoleh
materi yang itu-itu saja ala pelajaran SMK, tapi juga bisa mendapatkan wawasan
lain yang membuat siswa hidup rukun antar umat beragama.
Di SMAN 1 Kalasan,
Alesia dibantu oleh guru bahasa Inggris untuk menerjemahkan apa yang ingin dia
ajarkan karena Faksi merasa kesulitan untuk menerjemahkan bahasa Inggris Alesia
yang pengucapannya sangat cepat. Pak Samijo, Guru Agama Katolik di sekolah itu menjelaskan pada Alesia dan Faksi, peserta lokakarya yang mereka ajar adalah siswa Kristen dan Katolik yang tidak mengikuti pesantren
kilat Ramadhan di sekolah. Sehingga ada siswa muslim di kelas saat itu.
Lokasi lokakarya
terakhir kami adalah SMAN 2 Wates. Kali ini kami berlima, aku, Alesia, Lugas, Faksi dan
ditemani oleh Mas Hairul Salim. Wates masuk dalam kabupaten Kulon
Progo DIY, lokasinya sangat jauh dari pusat kota. Kami datang terlambat karena sempat salah jalan. Anggota OSIS dan mahasiswa magang yang KKN di sana tampak lebih
antusias mengikuti kegiatan ini dibanding sekolah-sekolah sebelumnya. SMA ini
dulunya adalah SMA standar internasional yang biasa menerima pertukaran pelajar
dari luar negeri. Ketika sekolah standar internasional dihapuskan, SMA ini
tetap menjadi sekolah favorit lulusan SMP. Baik mahasiswa keguruan dan siswa
berinteraksi dengan aktif di kelas.
|
Foto Bersama Usai Lokakarya di SMA 2 Wates |
Lugas membantu kami mengedit dan menerjemahkan diagram soal posting atau tidak posting di Facebook sebagai salah satu materi dalam literasi media di kelas. Edisi bahasa Inggrisnya bisa dilihat
di sini, sedangkan edisi bahasa Indonesianya bisa dilihat
di sini.
Awalnya, kami
ingin kembali ke 4 sekolah itu untuk melakukan riset etnografi dengan metode
partisipasi observasi, kuesioner dan wawancara soal pemahaman literasi media
dan dampaknya terhadap interaksi antar umat beragama. Namun, semua sekolah
terlanjur libur Ramadhan sehingga aku dan Alesia terpaksa mencari cara lainnya
untuk mendapatkan research participant. Memang, saat kami berkunjung ke
4 SMA itu, status kami masih magang di Yayasan LKiS. Penelitiannya belum dimulai. Sehingga
lokakarya dan penelitian tidak dapat dijalankan secara bersamaan saat itu juga.
Target kami dalam
literasi media adalah membuat siswa dapat berpikir kritis dalam menerima
informasi apapun. Dengan pemahaman yang baik mengenai media, siswa akan
bersikap skeptis dan mencari alternatif informasi sehingga tidak mudah
terprovokasi oleh pemberitaan media yang tidak berimbang apalagi dalam
kaitannya dengan pemberitaan soal keagamaan di media massa. Mereka diharapkan dapat membuat berita sendiri dengan prinsip-prinsip sederhana dalam jurnalistik.
Karena belum berhasil membentuk komunitas literasi media di Yogya, dari awal kami ingin membagikan materi literasi media yang sudah direvisi sebelumnya. Materi ini sifatnya
copyleft, siapapun boleh menggunakannya secara bebas, mengunduh maupun memodifikasinya sesuai dengan kepentingan masing-masing pengajar. Bahkan tidak menyertakan nama pembuatnya tidak apa-apa, tapi aku menyarankan sebaiknya mencantumkan nama pembuat materinya agar kesalahan dalam materi bisa menjadi tanggung jawab kami.
Beritahu juga jika ada komentar maupun saran agar materi literasi media ini lebih efektif untuk diajarkan terutama kepada siswa SMA atau komunitas lainnya. Berikut tautan
materi presentasi literasi medianya berbasis kerukunan beragama. Dropboxnya harus di download ya supaya videonya bisa dimainkan Jika ingin membuat lokakarya serupa, kami juga membagikan
instrumen praktek literasi media yang masih sangat perlu direvisi. Untuk sesi ini, pengajar literasi media memilih 2 berita dengan topik sama tapi dengan framing pemberitaan yang berbeda dan membedahnya secara kritis. Selain itu, kami juga menyertakan contoh proposal permohonan ijin pengajaran literasi media untuk diberikan ke sekolah, silakan download
di sini.
Membuat lokakarya literasi media dalam waktu singkat itu tidak mudah, tapi itu juga bukan sesuatu yang mustahil dilakukan.
Teman-teman juga bisa berdiskusi lebih lanjut soal literasi media dan kaitannya dengan gerakan anti intoleransi beragama denganku via email syaharbanu.ayu@gmail.com.